Friday, August 28, 2009

Jangan Melihat Orang Lain; Lihatlah pada Diri Anda Sendiri

Ketika kita melihat kembali pada kehidupan sendiri, kita seringkali menyadari bahwa masa-masa yang kita habiskan dengan berjuang keras untuk apa yang kita yakini, meskipun masa-masa itu penuh dengan kepedihan dan kesulitan adalah masa-masa yang paling menyenangkan dan memuaskan dalam hidup kita. Hari-hari penuh perjuangan itu lebih berharga daripada ketenaran, kekayaan ataupun hal lainnya. Itulah mengapa penting untuk bertekad menang atas semua kesulitan kita. Kita harus menciptakan harta sendiri melalui usaha sendiri.

Cara untuk mencapai hal itu adalah dengan menetapkan target Anda dan meneruskan usaha Anda untuk mencapainya. Mereka yang gigih bertahan akan menang. Tidak ada alasan untuk terlalu terpengaruh oleh keberhasilan ataupun kegagalan sementara, ataupun iri hati kepada orang lain yang berhasil.
Penting untuk tetap tidak terpengaruh oleh pujian dan kritik, untuk tetap teguh ketika dihantam oleh ombak iri hati yang mengamuk di sekitar Anda. Lihatlah pada hal-hal ini dari tempat yang lebih tinggi, dan gunakan semua itu untuk membuat diri Anda menjadi orang yang lebih kuat.

Jangan melihat pada orang lain; lihatlah pada diri sendiri. Jika Anda membuat hidup sendiri menjadi menarik, pada akhirnya Anda dapat mengatakan dengan tenang bahwa, "Perjalanan hidup saya sungguh bagus, penuh dengan kemenangan." Jika demikian, berarti Anda telah menjalankan suatu kehidupan yang penuh kejayaan. Orang yang memiliki karakter yang kuat seperti ini adalah orang yang bahagia.

-Soka Spirit, Juni 2009

No comments: